Serunya Kunjungan Industri ke Pustiknas dan JungleLand

Kegiatan Kunjungan Industri adalah kegiatan wajib tahunan yang sering dilakukan beberapa sekolah di Indonesia. Dengan tujuan diharapkannya menambah wawasan lebih untuk siswa-siswi selain belajar di kelas. Dan juga menambah pengalaman berharga bisa Tour bareng dengan sekolah tentunya.

Tidak terkecuali juga SMK Informatika Sumedang yang tahun kemarin tepatnya tahun 2016 bulan September melakukan Kunjungan Industri ke Pustikanas (Pusat TIK Nasional) yang terletak di Pisangan, Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten. Dimana Pustiknas adalah pusat TIK terbesar di Indonesia dengan berbagai macam merk komputer yang sangat canggih.

Sehingga disini saya akan membagikan pengalaman saya ketika mengikuti Kunjungan Industri ke Pustiknas, dan juga keseruan-keseruan yang terjadi di Jungle land lepas pulang dari Pustiknas :) .

Tepatnya tanggal 2 September 2016 jam 00.00 wib, saya dan semua yang mengikuti Kunjungan Industri berangkat menuju Pustiknas dengan menaiki Bus yang telah disewa Sekolah. Saya memilih kursi 3 paling belakang. Karena pada saat pemilihan kursi, kursi depan sudah terisi penuh. Sehingga saya dengan teman saya harus rela untuk menduduki kuris paling belakang....

…yahh tidak apalah yang penting kami menikmatinya.

Jujur pada saat itu adalah moment yang sangat berharga saya. Betapa tidak, ini adalah kali pertama saya berangkat antar provinsi :D . Ya walaupun Provinsinya juga tidak jauh, hanya ke Banten. Tapi saya berasa seperti antar negara. So, jadi inlah pengalaman yang tidak boleh saya lupakan...

Dikarenakan saya orangnya awam akan nama-nama tempat, bahkan daerah-daerah Sumedangpun saya tidak terlalu banyak tahu. Karena saya orangnya rumahan, jarang pergi berjauhan. Sehingga saya bertanya-tanya kepada teman saya ketika setiap 15 menit sekali ini sudah nyampe mana, kalo sekarang sudah nyampe mana, ini dimana, dan terus saja bertanya-tanya. Sampai-sampai saya bangganya bisa melihat Stadion Gedebage yang di Bandung. Maklumlah saya kepengen tahu dan juga ingin merasakan serunya perjalanan hehe...

Tak terasa sayapun tertidur, dan dibangunkan pada jam 04.30 wib oleh rekan saya bahwa kami sudah sampai diperistirahatan atau Rest Area. Saya lupa Rest Areanya dimana, pokonya disisi jalan Tol... hehe. Saya lupa Sob :D kebiasaan saya ketika berangkat adalah tidak mengingat jalan dan daerah yang penting saya sampai ke tempat tujuan, hehe...sungguh aneh.

Kamipun melakukan Sholat Shubuh, makan nasi kotak, dan mengganti baju menjadi baju cele sekolah sebagai salah satu identitas resmi Sekolah kami. Sehingga pada jam 05.00 wib lebih kami melanjutkan perjalanan menuju Pustiknas langsung. Salah satu pengalaman berharga saya juga ketika Kunjungan Industri, saya dapat melihat gedung-gedung menjulang tinggi di Jakarta yang tidak bisa saya lihat di Sumedang. Banyak sekali gedung-gedung tersebut seperti hotel, perusahaan, dan mungkin toko-toko.

Seperti yang sering ditampilkan di berita-berita di tv, bahwa Jakarta adalah kota padat penduduk. Dan saya percaya itu, ketika perjalanan sangat banyak kendaraan-kendaraan yang melintas. Sampai hampir macet. Namun beruntungnya kami tidak mengalami macet diperjalanan.

Lalu kamipun tiba di Pustiknas tepatnya pada jam 08.00 wib. Terlihat sangat besar sekali gedung Pustiknas, dengan halaman depan yang sangat bersih terawat. Sayapun senang bisa menginjakan kaki di Gedung Pustiknas ini...

…serompak seluruh siswa-siswi yang mengikuti Kunjungan Industri langsung berphoto-photo. Ada yang photo selfi, resmi, bersama-sama, dan juga tentunya photo alay-alay Kids Jaman Now. Saya dan rekan-rekan sayapun tidak ingin ketinggalan untuk berphoto-photo.

Oke, saya kenalkan terlebih dahulu teman-teman saya ini :) .
Mulai dari belakang posisi paling kiri yaitu Encang Mulyana, Arif Hidayatulloh (kasihan cuma keliatan palanya aja hehe), Roby Purba Sakty, dan Miftah.

Lalu yang belakang paling kiri yaitu saya sendiri :D (waktu itu saya lagi botak hehe), Yogi Cahyana, dan Ega Nugraha. Dengan merekalah saya bersama-sama di Pustiknas. Sehingga mulailah waktu pengantrian pendaftaran.

Saya masuk kedalam gedung Pistiknas bersama rekan-rekan saya, dan langsung disuguhi beberapa komputer yang sangat canggih Sob. Ada beberapa bahkan banyak komputer yang jenisnya Touchscreen, Woww!! Berikut adalah photo dari komputer tersebut...

Tanpa keyboard dan mouse, tetapi langsung saja kita sentuh untuk pengoperasiannya. Sungguh sangat canggihnya teknologi masa kini.

Pada saat saya dan rekan saya iseng-iseng klik, ehh ternyata nyala. Saya coba-coba klik ini klik itu, ternyata pengoperasiannya lebih mudah. Jika dimouse ada istilah klik kanan, disini bukanlah klik kanan tapi kalo gak salah diteken sampai option muncul Sob. Gimana keren bukan?

Sampai pengisian formulirpun tiba. Saya sebenarnya tidak tahu akan ada acara apa, ya saya ngikut-ngikut aja...

Setelah langkah pengisisan formulir saya isi dengan koumplit plus tanda tangan. Saya masuk ke ruangan yang sangat besar dan tentunya bersih dan nyaman. Yang sudah disediakan kursi dan tayangan sinar projektor yang sangat besar. Ternyata akan ada beberapa penyampaian penting seputar TIK yang akan disampaikan oleh pihak Pustiknas sendiri.

Sebenarnya muridnya sangat banyak, namun karena saya masuk ke ruangan itu adalah yang duluan, sehingga murid-murid yang lain tidak terpotret hehe...

Pemateri pertamapun naik ke panggung, saya lupa namanya tapi dia menjelaskan beberapa poin penting mengenai teknologi TIK. Seperti dampak positif dan dampak negatifnya. Lalu pengenalan beberapa teknologi seputar TIK. Saya lupa apa saja yang dijelaskan selanjutnya, intinya sih seputar IT / TIK.

Sama halnya dengan pemateri yang kedua dan seterusnya. Semuanya membahas tentang IT. Sampai-sampai saya bosan dan sangat jenuh plus ngantuk juga Sob. Sehingga tidak terasa istirahatpun tiba, kami mulai makan-makan nasi kotak yang lumayan enak bersama-sama. Karena dengan kebersamaan adalah hal yang paling seru.

Namun lagi-lagi setelah istrahat kamipun harus kembali ke Aula. Dalam pikiran saya berkata ini sangat membosankan dan menjenuhkan. Didalam Aula tersebut pematerinyapun sama membahas seputar IT walaupun sedikit berbeda dengan yang lainnya juga sih.

Sehingga tibalah waktunya semurid-murid untuk mejelajahi seluruh ruangan di Pustiknas. Ini sangat berharga bagi saya, karena bisa melihat-lihat komputer yang super canggih di pustiknas. Bahkan merk komputer seperti Apple ada puluhan atau bahkan ratusan loh Sob. Saya tidak mengitungnya secara menyeluruh tapi yang pastunya banyak. Ditambah juga beberapa speaker yang dipasang dikepala, apa sihh namanya saya lupa lagi. Yang seperti youtuber-youtuber atau gamer sering pake lohh Sob. Yahh saya lupa lagi. Pokonya yang itu deh...

Sayapun ingin mencoba mengoperasikannya, namun malah dimatiin -_- . Lanjut menuju tempat yang lainnya, ternyata masih banyak lagi lab-lab komputer yang sangat keren-keren Sob. Tidak lupa saya mengabadikan moment ini dengan berphoto. Namun sayangnya photonya hilang, sungguh nasib sial.

Salah satu pengalaman konyol yang berharga yang lainnya yaitu menaiki lip. Atau apasihh istilah kerennya, pokoknya yang naik turun dari lantai atas kebawah atau sebaliknya tanpa. Itu juga karena terburu-buru takutnya saya dan teman saya ketinggalan Bus, Karena pasa saat itu juga kami akan pergi ke Jungleland, wihh... pasti seru. Kami menaiki lip yang turun ke lantai bawah, rasanya seperti gimana gitu kayak ada yg nusuk-nusuk ketubuh dari bawah keatas. Hehe maklumlah saya hanya newbie :D

Sehingga kamipun sampai di Bus dan segera berangkat menuju Jungleland...

Singkat cerita, kamipun sampai di depan wisata JungleLand. Tampak sungguh keren dari luarnya juga. Membuat kami tidak sabar untuk langsung memasukinya. Setelah memasukinyapun disuguhkan oleh band lokal dan penampilan yang sangat menakjubkan. Sampai tahap antrianpun dimulai...

Kami memasuki wisata JungleLand dengan ceria, tampak berbagai macam wahana yang sangat seru untuk dicoba :D . Namun saya dan rekan-rekan berjalan-jalan terlebih dahulu untuk melihat-lihat kerennya wisata JungleLand ini. Dan tidak ketinggalan juga untuk berphoto-photo hehe :D ini adalah kegiatan yang wajib.





Berikutlah gambar-gambar saya dengan dengan rekan saya ketika menikmati keseruan di JungleLand. Saya yang paling tengah Sob :D yang lainnya adalah rekan saya hehe...

Ternyata ketika kami berjalan-jalan, sangat banyak wisata dari luar negerinya juga loh Sob. Mungkin dari negara Turki atau Iran. Karena ala-ala timur tengah gitu lah Sob gayanya.

Wahana yang pertama kali saya dan rekan saya naiki yaitu roller coaster yang sangat menantang. Disini saya sangat tertantang dan sangat ingin menaikinya. Namun banyak rekan-rekan saya yang enggan menaikinya karena alesannya takut. Namun saya tetap nekat menyobanya dengan rekan saya yang juga berani.

Alhasil ketika menaikinya sangat-sangat menegangkan. Serasa kita akan jatuh dan terbang namun tidak terjadi karena dengan menggunakan pengaman yang sangat aman.

Setelah mencobanya, saya malah ingin menaikinya untuk yang kedua kalinya namun rekan saya malah ingin menaiki wahana lainnya. Yaitu wahanan Go Car. Ya permainan mengendarai mobil mini ini juga tidak kalah seru loh Sob. Kita bisa bebas mengendarainya seperti menabrak mobil lain atau malah kita yang kena tabrak hehe...

Setelah asyik dengan permainan Go Car, kamipun menuju Rumah Hantu...

Ya Rumah hantu yang serem dan horror ini kami terasa tertantang untuk memasukinya.

Ketika pertama kali memasukinya. Kami terkejut ada kuntilanak diatas sedang duduk dengan suara khasnya yaitu hihihihihihi.... ya kurang lebih seperti itulah.

Kami semua langsung lari memasuki ruangan berikutnya, sehingga ada sebuah roller coaster kecil seperti kereta yang terdiri dari 4 kursi setiap roller coaster. Saya dan teman sayapun menaikinya, hingga kami dibuat terkejut oleh semua permainan-permainan untuk menaikuti kami. Walaupun kami tahu bahwa semua di Rumah hantu itu adalah bohongan. Tapi itu terasa nyata. Membuat kami dibuat terkejut dan ketakutan.

Sampai-sampai kami keluar dari rumah hantu dengan kaki sedikit gemetar hehe....

Setelah rumah hantu, ada beberapa wahana lainn yang saya coba kembali seperti Kereta Api dan masih banyak lagi.

Namun karena kepanjangan artikel ini saya buat, langsung saja saya ceritakan kebagian pulang dari JungleLand.

Ketika sudah dari JungleLand, kami langsung menuju pulang ke Sumedang kembali. Namun saya ketiduran, saya tidak tahu apa saja yg terjadi diperjalan sehingga tahu-tahunya sudah berhenti disuatu restorant. Ketika saya bertanya ini dimana, ternyata restaurant ini berada di daerah Puncak Bogor. Kamipun makan-makan dengan makanan yang disuguhkan.

Selesai makan-makan, kami langsung berangkat pulang menuju Sumedang tercinta. Sehingga sampailah di Sumedang pada waktu pukul 23.30 menandakan bahwa kunjungan industri ini selesai...

Cukup menyenangkan bukan? Sampai saat ini saya juga ingin kembali menikmati serunya Kunjungan Industri, namun sayangnya itu hanya akan terjadi sekali saja dalam 3 tahun sekolah di SMK Informatika Sumedang.

Tapi tidak apa-apa :D nanti juga akan ada lagi, namun sedikit berbeda yaitu saya dan rekan-rekan sekolah saya akan mengikuti Study Tour ke Jogjakarta :D

Semoga menarik!

Mungkin cukup sekian cerita pengalaman Serunya Kunjungan Industri ke Pustiknas dan JungleLand yang bisa saya ceritakan. Sebenarnya masih banyak keseruan-keseruan terjadi, namun dikarenakan sudah lelahnya kedua jempol saya mencium-cium touchscreen android, sehingga cukup sampai disini. Semoga terhibur :D (y) ...

1 Response to "Serunya Kunjungan Industri ke Pustiknas dan JungleLand"

  1. Panjang juga artikelnya, nyentuh 1000 word :) jangan lupa kunjungi blog mamang :v

    BalasHapus