Beberapa hal yang tidak perlu dilakukan oleh Blogger


Beberapa hal yang tidak perlu dilakukan oleh Blogger - Seorang Blogger pastinya menghabiskan beberapa waktu untuk membuat artikel. Artikel yang unik dan bermanfaat adalah tujuan semua blogger supaya Artikel tersebut dianggap berkualitas. Selain membuat Artikel hal yang sering Blogger lakukan yaitu Blogwalking, Mencari Backlink, dan beberapa kegiatan lainnya yang bertujuan mengembangkan Blog mereka.

…namun ada juga lho beberapa kegiatan seorang Blogger yang tidak ada untungnya dan hanya membuang-buang waktu. Dan semua itu tentunya pernah dialami oleh seorang Blogger, tidak terkecuali saya juga. Waktu yang seharusnya digunakan untuk membuat Artikel malah terbuang sia-sia. Lalu apa sajakah itu?

Mengutak-ngatik Template dan Tata Letak


Merubah-rubah tampilan Blog itu diperbolehkan. Namun jangan dilakukan sesering mungkin. Apalagi yang dirubah adalah Template sekaligus bukan Tata Letak. Resiko dari merubah template menurut Mastah-mastah yang saya temui di grup Facebook, ada beberapa hal yaitu :
1. Google harus meng-index ulang Blog Anda supaya kembali terindex dan dapat ditemui di halaman Google. Bahkan untuk mengindex seluruh Blog Anda, Google membutuhkan waktu yang tidak sedikit yaitu bisa mencapai 1 minggu namun itu tergantung.

2. Dapat menurunkan SEO Blog Anda. Tentunya dengan seringnya merubah-rubah template akan menurunkan SEO Anda. Dan ini dialami oleh saya sekarang. Blog saya yang satunya sekarang sedang mengalami penurunan SEO, karena saya sering merubah templatenya. Dalam 1 bulan saya telah mengganti-ganti template sebanyak 4x. Anda bisa mengecek blog saya yang satunya lewat link ini www.matematika-seru.tk .

3. Stress. Yang ketiga ini adalah pasti sering dialami Blogger termasuk saya. Dengan mengganti template tentunya akan merubah semua tampilan Blog dari Header sampai Footer. Terkadang terdapat beberapa tampilan seperti header, widget, atau malah tampilan Artikel yang sering mengalami kendala. Sehingga kita harus memperbaikinya sebisa mungkin dan seteliti mungkin. Jadi stress pasti akan dialami bagi Blogger yang sering mengganti-ganti Template Blog.

…beberapa resiko diatas akan muncul jika Anda sering mengutak-ngatik tampilan Blog. Jadi saya sarankan sekiranya 1 bulan sekali atau konsisten terhadap 1 template ya Sob!

Mengecek statistik


Nah ini nih yang sangat sering dilakukan oleh para Blogger newbie. Mengeceknya setiap saat akan membuat kita galau, percaya deh. Jika kemarin view kita tinggi, namun view hari ini malah anjlok. Itu yang akan membuat Blogger galau terus, dan terus saja berpikir "Apa sih yang membuat Blogku turun viewnya…". Percaya dehh semua Blog bahkan Blog besar juga seperti Blognya mas Sugeng, setiap hari viewnya pasti naik-turun. Itu sudah pasti mutlak akan dialami oleh semua Blog.

…jadi saran saya jangan terlalu memikirkan view, yang penting buat dulu Artikel yang berkualitas dan tentunya bermanfaat bagi semua orang.

Viewer akan ngikut kalo Blog kita berisikan Artikel yang sangat berkualitas.

Copas (Copy Paste)


Blogger itu terdiri dari 3 macam Sob! Pertama adalah Blogger jujur, blogger rewriter, dan Blogger copaser.

1. Blogger jujur yaitu blogger yang sering membuat artikel-artikel alami karya mereka atau hasil pengamatan mereka sendiri.

2. Ada juga Blogger rewriter, yaitu Blogger yang sering mengamati blog atau website lalu mengambil poin-poin penting dari artikel yang diamati dan selanjutnya ditulis ulang berdasarkan poin-poin yang mereka ambil dari situs lain. Blogger rewriter biasanya para blogger yang sudah mentok tidak ada lagi ide brilian untuk membuat sebuah artikel. Sehingga mereka menggunakan cara ini untuk update blog mereka. Cara rewriter masih diperbolehkan asal mencantumkan sumbernya.

3. Selanjutnya yaitu Blogger yang tidak bertanggung jawab bukan lain yaitu Blogger Copaser. Mereka mengambil seluruh gagasan-gagasan yang dituangkan dari sebuah artikel dan dipastekan di artikel Blog mereka lalu dipublikasikan tanpa menerapkan sumber. Ini juga pernah saya alami.

…tanpa sepengetahuan saya dia mengopas seluruh gagasan dari artikel yang saya buat dan dipastekan di artikel blognya. Dia hanya mengganti gambarnya saja, sehingga judul dan kontennya sama. Ya saya gak akan menceritakannya lebih lanjut, tapi percaya deh mengambil hak orang lain itu dosa. Apalagi tanpa sepengetahuan si pemilik.

So, bagi Anda yang sering ngopas artikel orang lain. Segeralah bertobat!

Membuat artikel hoax


Sering saya temui fanspage Facebook yang diiklankan selalu mengiklankan sebuah artikel yang isinya hoax dan hanya memvropokasi masyarakat awam.

…sehingga masyarakat terbodohi sampai mempercainya dan membagikan ulang artikelnya. Bahkan yang membuat artikelnya adalah orang Indonesia. So, bisa dikatakan Indonesia terbodohi oleh masyarakatnya sendiri.

Jadi berhentilah membuat artikel hoax! Untuk membuat ramai pengunjung tidak harus membuat artikel hoax tapi buatlah artikel yang bermanfaat bagi semua orang. Percaya deh, pasti akan banyak pengunjung.

Memasang iklan yang mengganggu pengunjung


"Blogku ramai pengunjung nih, gimana ya kalo gue pasang iklan pop-up/pop-under pasti banyak hunting deh." Begitulah pasti pola pikir beberapa Blogger yang ingin mendapatkan penghasilan cepat dari blogging. Saya sarankan jangan memasang iklan yang mengganggu pengunjung seperti iklan pop-up dan pop-under.

…iklan tersebut sudah pasti akan mengganggu pengunjung dan akan menbuat traffic blog turun. Berdasarkan pengalaman saya. Blog saya yang satunya dulu itu viewernya mencapai 500/day, tapi setelah saya coba-coba pasang iklan pop-up...

…saya sangat menyesal. Dalam sehari langsung anjlok. Penurunan pertama berkisaran 300/day, selanjutnya 200/day dan hingga menjadi 100/day.

Setelah saya cabut script iklannya, alhamdulillah kembali normal. Mulai naik menjadi 400/day, 500/day, bahkan 600-700/day.

Jadi, saya sarankan jangan pasang iklan pop-up/under di Blog Anda karena katanya juga Google tidak menyukai iklan ini sehingga akan menurukan SERP Blog Anda.

Mengganti Topik Blog


Yang tidak perlu dilakukan oleh seorang Blogger yang terakhir yaitu mengganti Topik Blog. Jika Anda memilih niche Teknologi maka fokuslah ke niche tersebut jangan menambah-nambahnya dengan kesehatan terus artikel tentang materi sekolah, sehingga dengan terus melakukan seperti ini secara tidak langsung blog Anda akan berubah niche yang tadinya Teknologi menjadi cenderung gado-gado (campuran).

Karena banyak mastah yang bilang bahwa Google AdSense akan lebih mudah menerima (Full Approve) Blog yang fokus terhadap satu Topik. Bukan saya mengatakan bahwa Blog Gado-gado (campuran) tidak bisa di approve, tapi Blog gado-gado bisa disapprove tapi membutuhkan prosess lama dalam peninjauan.

…dengan memilih satu Topik maka kita akan membuat artikel yang saling keterkaitan dengan artikel ini. Sehingga mempermudah pengunjung merayapi Blog Anda dan tidak menutup kemungkinan pengunjung yang beranggapan bahwa Blog Anda beanfaat mereka akan menjadi pengunjung setia kita.

Blogger itu jujur, kreatif, inovatif, banyak ide cemerlang, dan tentunya seseorang yang sangat baik karena mereka ikhlas dalam membagikan banyak ilmu tanpa meminta sepeserpun.

Nahh begitulah beberapa ocehan-ocehan yang bisa saya sampaikan. Terserah Anda mau bagaiamana pendapat Anda mengenai Artikel ini. Karena saya menyusun artikel ini berdasarkan pengalaman saya sendiri. Salam Blogger!

…semoga bermanfaat.

11 Responses to "Beberapa hal yang tidak perlu dilakukan oleh Blogger"

  1. HAHAHA menarik sekali artikel nya gan. tom manfaat lah walaupun baru post satu saja di blog ini, iya sih tangan dan otak kita seringkali penasaran walaupun sudah tau akibat nya pasti ada yang mengganjal ingin sekali utak atik blok kita yang sudah di bangun rapi. dan juga untuk situkang copas, ya itusih sudah biasa di dunia blog, jangan kan ane masih newbi sekaligus yang sudah jadi mastah nya blogger juga ada saja masalah copas mengopas mah. dan intinya blogger tergantung dari kepribadian nya juga. thanks artikel nya jadi buat motipasi juga ni..

    BalasHapus
  2. Iya pokoknya jadilah Blogger yang konsisten, sabar, dan jujur. Niscaya kita pasti akan sukses walau dalam bidang Blogger.
    Thanks atas kunjungannya :)

    BalasHapus
  3. Blog saya nichenya gado2 nih, gontaganti terus topiknya...

    BalasHapus
  4. iya Gan thanks telah berkunjung juga :)

    BalasHapus
  5. Menurut saya benar sih bahwa viewer itu juga bisa turun saya juga mengalaminya. he he mengapa?.. karena bumi itu berputar tidak hanya pada 1 arah saja. Btw thanks infonya bermanfaat

    BalasHapus
  6. Nice Info Banget,Nambah Wawasan Nih Mantap

    BalasHapus
  7. wahh... untung gw ngga ngelakuin hal-hal di atas...

    BalasHapus
  8. Thanks semuanya atas kunjungannya :)

    BalasHapus
  9. keren gan.. lumayan nambah pengetahuan saya tentang blogger. thanks ya

    BalasHapus