8 Cara menjadi pemimpin yang hebat


Diantara kalian adakah yang ingin menjadi pemimpin/bos? Pastinya kalian menginginkan hal itu. Karena menjadi pemimpin itu adalah idola semua orang. Bukan hanya menjadi orang yang memiliki gaji yang besar, menjadi pemimpin juga dipandang baik oleh semua orang.

Namun untuk menjadi seorang pemimpin itu tidak mudah. Kita harus memiliki visi dan misi tersendiri, membutuhkan karakter tersendiri, dan berani akan mengambil keputusan yang tepat.

Pemimpin juga harus berani mengarahkan para anggotanya kearah yang tepat dan menghindari adanya perselisihan secara tegas. Ataupun hal-hal yang membuat perpecahan kerja sama dalam organisasi.

Sehingga menjadi bijaksana adalah salah satu karakter yang harus dimiliki seorang pemimpin. Maka pemimpin tersebut akan dapat disukai oleh para karyawan/anggotannya.

Maka jadilah pemimpin yang hebat

Lalu yang bagaimana sih pemimpin yang hebat?

Dan kini dailydwenz akan membagikan artikel tentang 8 Cara menjadi pemimpin yang hebat. Langsung saja berikut adalah 8 Cara tersebut...

  • 1. Dekat dengan para anggota.


Terkadang kita menemui banyak pemimpin yang tidak akrab dengan para anggotanya malah disegani. Namun sekalinya dekat, mereka selalu menyuruh-nyuruh atau apapun hal yang membuat para anggotanya sedikit sakit hati atau kesal. Inilah yang membuat perpecahan dari sebuah organisasi.

Jika Anda adalah seorang pemimpin. Maka Anda harus bisa mendekati mereka dan menghargai mereka. Karena jika Anda tidak menghargai para anggota Anda maka mereka akan pergi dan membenci Anda. Anda akan dicap sebagai pemimpin yang tidak baik.

Sehingga dekati mereka supaya mereka merasa dihargai oleh Anda. Karena dengan hal itulah yang akan membuat organisasi/perusahaan berjalan dengan mulus.

  • 2. Selalu aktif menjadi pemimpin


Menjadi pemimpin itu tidak bisa menyerahkan semua pekerjaan organisasi/perusahaan kepada angota-anggotanya. Namun jadi pemimpin harus aktif dan terlihat ada oleh para anggota-anggotanya. Dan juga berpartisipasi dalam mengelola perusahaan. Ini supaya Anda lebih dikenali oleh para anggota-anggota Anda.

Sekali-sekali berilah solusi kepada para anggota-anggota Anda. Jangan biarkan anggota-anggota Anda berpikir sendiri.

  • 3. Memiliki karakter dan menjadi diri sendiri.


Jangan biarkan Anda kalah oleh sistem hirarki yang menghalangi diri Anda sendiri. Milikilah karakter Anda sendiri jangan sampai Anda larut dalam pekerjaan yang melupakan bahwa Anda seorang pemimpin. Teguhkan setiap pilihan Anda jika hal itulah yang membuat jalannya organisasi/perusahaan berjalan lancar. So, berdirilah bahwa Anda seorang pemimpin.

  • 4. Harus menjadi panutan bagi anggota-anggotanya.


Jangan hanya membuat peraturan yang jika Anda sebagai pemimpinnya juga tidak melaksanakan peraturan tersebut. Inilah yang bisa disebut bertindak semena-mena. Anda harus menjadi panutan atau contoh yang baik bagi anggota-anggota Anda. Supaya mereka juga melaksanakan peraturan yang Anda buat. Jadilah cahaya yang menjadi penerang setiap kegelapan. Supaya anggota-anggota Anda tertuju kepada Anda sebagai contoh dan panutan. Buatlah mereka berpikir bahwa inilah bos mereka yang terbaik.

  • 5. Salurkanlah setiap pendapat Anda kepada para anggota-anggota.


Seperti yang saya katakan diatas, menjadi pemimpin tidak boleh berdiam diri. Anda harus aktif dan tampak ada. So, mulailah berbagi apa yang Anda pikirkan kepada para anggota-anggota Anda dan bersikaplah asertif. Teruslah berbagi apapun yang Anda pikirkan tanpa peduli apa pendapat orang lain. Semakin Anda merasa benar semakin juga menambah kepercayaan diri Anda sendiri.

  • 6. Dekatilah orang-orang yang lebih tinggi jabatannya dari Anda.


Jika Anda adalah seorang pemimpin namun diatas Anda masih ada pemimpin yang lebih tinggi. Maka dengan mendekati mereka adalah cara yang tepat untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda. Jangan terintimidasi atau merasa ada kecanggungan akan perbedaan jabatan dengan mereka. Karena penting untuk melihat nilai-nilai baik mereka menjadi seorang pemimpin. Dan Anda juga bisa menerapkan nilai-nilai tersebut pada diri Anda sendiri.

  • 7. Pikirkan hal buruk yang akan terjadi.


Menjadi seorang pemimpin harus dapat mengendalikan oraganisasi/perusahaannya. Mengendalikan itu tidak mudah. Pemimpin harus memiliki rencana dan tahu akan dampak buruk yang akan terjadi jika pemimpin memilih satu jalan. Jangan biarkan lidah Anda berbicara sendiri. Ketika menurut Anda masih khawatir akan hal buruk yang akan terjadi oleh jalan yang Anda pilih. Mintalah atau diskusikanlah permasalahan tersebut dengan anggota-anggota Anda. Lalu pilihlah jalan yang terbaik. Janganlah hanya Anda yang berpikir. Karena jika itu adalah jalan yang buruk. Hancurlah sudah.

  • 8. Terakhir, bersikaplah positif dan selalu menawarkan solusi.


Kepercayaan diri Anda akan semakin bertambah ketika Anda selalu bersikap positif kepada para anggota-anggota Anda dan juga atasan Anda. Berilah atasan Anda solusi setiap masalahnya. Supaya Anda menjadi penyelamat disetiap permasalahan-permasalahan yang terjadi.

Maka begitulah 8 Cara menjadi pemimpin yang hebat yang bisa saya sampaikan. Jadilah pemimpin yang memang layak dipandang pemimpin oleh anggota Anda dan atasan Anda. Dan jangan lupa kepercayaan diri adalah modal yang utama.

Mungkin cukup sekian artikel ini saya buat. Semoga bermanfaat...

5 Responses to "8 Cara menjadi pemimpin yang hebat"

  1. Paling susah kalo udah sering berbeda pendapat ama bawahan. Sulit pasti buat jadi pemimpin yang bijak. Tapi yang 8 itu penting banget buat jadi pemimpin, apapun itu

    BalasHapus
  2. setelah saya baca ini saya ingin melakukan hal yang diatas

    BalasHapus
  3. Andai saja 8 cara di atas dilakukan sama pejabat dan pemimpin negara pasti mantep

    BalasHapus