Cara mengatasi Storage space running out/Ruang penyimpanan hampir habis pada Android

Cara mengatasi Storage space running out/Ruang penyimpanan hampir habis pada Android - Android adalah telepon pintar yang kini sedang merajai pasaran telepon genggam. Bagaimana tidak, dengan fitur-fiturnya yang kini kian canggih membuat semua orang ingin memilikinya. Bahkan kini sudah banyak Android yang memiliki kapasitas RAM dan ROM yang selaras dengan komputer. Sehingga dapat dipasang banyak berbagai jenis aplikasi.
Apalagi untuk remaja, pastinya memasang aplikasi Sosial Media yang sangat banyak. Seperti Instagram, Facebook, Twitter, Path, Whatsap, Bbm, dan mungkin masih banyak lagi dengan tidak khawatir memori penuh.

…namun terkadang mau secanggih apapun Android, jika terlalu banyak dipasang aplikasi pasti memiliki kendala. Apa saja sih kendala itu? Pastinya Android Sobat akan semakin lemot, mudah panas, batterai boros, boros kuota juga, dan jika dipasang sangat banyak aplikasi dan game maka pasti akan mengalami peringatan seperti Storage Running Out atau Ruang penyimpanan hambir habis.

Jika sudah mengalami kendala ini, pastinya kita akan sering kesal. Android akan sering lemot. Sehingga disini dailydwenz akan membagikan Cara mengatasi Storage Running Out atau Ruang Penyimpanan Hambir Habis.

Berikut adalah cara yang sering dailydwenz lakukan...

1. Hapus sampah menggunakan aplikasi Es Explorer
Dailydwenz sering menggunakan aplikasi ini Sob untuk mengatasi peringatan Storage Running Out. Kenapa saya sarankan aplikasi ini? Karena aplikasi ini mudah dan multifungsi, selain mengatasi Storage Running Out aplikasi ini juga bisa mengelola Manager Berkas Sobat dengan mudah.

…lalu bagaimana untuk mengatasi Storage Running Out atau Ruang penyimpanan hambir habis dengan menggunakan aplikasi Es Explorer?

Caranya mudah Sob.

Instal terlebih dahulu aplikasi Es Explorer, Sobat bisa download di playstore atau di Google juga banyak.

Setelah terinstal, buka aplikasi Es Explorer sampai jendela home terbuka. Lalu klik Junk Files seperti dibawah ini.

Terlihat Junk Files Android saya terdapat 257, 35 Mb file sampah yang harus dibersihkan. Inilah salah satu penyebab Android kita sering dapat peringatan Storage Running Out atau Ruang penyimpanan hampir habis.

Setelah diklik maka akan menuju proses Cleaning atau pembersihan. Tunggu hingga pembersihannya selesai lalu klik Clean Now / Bersihkan Sekarang.
Eiittss..tunggu dulu, sebelum Sobat mengklik pastikan Sobat melihat-lihat kebawahnya terlebih dahulu supaya tidak ada file penting Sobat yang terhapus.

Setelah diklik, biasanya peringatan Storage Running Out atau Ruang penyimpanan hampir habis akan langsung hilang. Jika tidak pasti ada kendala lainnya.

Sobat bisa langsung ketahap no 2.

2. Force Close atau paksa berhenti aplikasi berjalan.
Seperti peringatan yang tertera yaitu Storage Running Out atau Kapasitas penyimpanan hampir habis maka dengan mempaksa berhentikan aplikasi adalah solusi yang dapat mengatasi masalah ini.

…dengan banyaknya aplikasi berjalan, maka kapasitas RAM yang terpakaipun sangat banyak. Apalagi jika Android yang spesifik RAM-nya kisaran 250-500 mb, pasti rentan peringatan seperti ini.

Cara mempaksa berhentikan aplikasi berjalannyapun sangat mudah.

Sobat tinggal masuk ke pengaturan, klik Aplikasi - Lalu pilih tab semua aplikasi - pilihlah aplikasi yang telah Sobat instal (bukan aplikasi bawaan/sistem), seperti facebook - kemudian klik Force Stop dan pilih "ya/yes" sehingga aplikasi akan diberhentikan.

Lakukan cara ini pada aplikasi yang lainnya yang telah Sobat instal satu persatu.

3. Pindahkan data aplikasi ke Kartu Memori/SD Card/Phone Storage
Jika kedua cara diatas masih belum berhasil. Selanjutnya Sobat masih bisa melakukan cara yang satu ini yaitu memindahkan data aplikasi ke memori SD.

…Storage Running Out atau Ruang penuimpanan hampir habis umumnya terjadi disebabkan memori internal Android Sobat habis atau terlalu penuh. Sehingga gunakan cara ini untuk mengatasinya.

Caranya yaitu masuk ke pengaturan, klik aplikasi - Aplikasi terinstal - pilih satu persatu aplikasi yang Sobat Instal - Scroll ke bawah lalu klik Move to Phone Storage atau pindah ke memori telepon. Tunggu hingga prosesnya selesai. Lakukanlah ke beberapa aplikasi jangan semuanya. Ini supaya memori SD Sobat juga tidak habis.

4. Hapus aplikasi yang tidak penting
Masih belum bisa? Sungguhh terlalu..
Jika masih belum teratasi, maka dengan cara mengahapus aplikasi yang tidak terpakai adalah cara yang sangat efektif...

…karena dengan banyaknya aplikasi yang tidak terpakai juga dapat menyebabkan munculnya peringatan Storage Running Out atau Kapasitas penyimpanan hampir habis Sob. Karena dengan menginstal terlalu banyak aplikasi akan memakan RAM dan Kapasitas penyimpanan yang sangat banyak.

Sehingga jika menggunakan semua cara diatas tidak berhasil maka dengan menghapus aplikasi adalah cara terakhir Sob. Dengan menghapus aplikasi yang tidak terpakai akan merenggangkan kembali kapasitas memori internal Sobat supaya tidak Storage Running Out atau Ruang penyimpanan hampir habis.

Saya jamin dengan menggunakan cara diatas pasti masalah peringatan Storage Running Out atau Ruang penyimpanan hampir habis pasti akan teratasi...

Masih belum bisa? ? ?
Ini mungkin ujian untuk smartphonemu Sob :D

Demikianlah Artikel mengenai Cara mengatasi Storage space running out/Rang penyimpanan hampir habis pada Android yang saya jelaskan diatas. Jika Sobat mempunyai beberapa pertanyaan, Sobat bisa menggunakan kolom komentar dibawah aetikel ini....

…semoga bermanfaat.

17 Responses to "Cara mengatasi Storage space running out/Ruang penyimpanan hampir habis pada Android"

  1. Artikel yang informatif thanks gan infonya

    BalasHapus
  2. Thanks gan, akhirnya stabil juga nih hp

    BalasHapus
  3. Termakasih admin, storage saya jadi lebih luas lagi

    BalasHapus
  4. Terimakasih gan rootnya berhasil

    BalasHapus
  5. Oww jd bgtu caranya, sipp gan nanti dicoba

    BalasHapus
  6. Mantap nih om. Storage saya jadi lebih luas. Makasih infonya.

    BalasHapus
  7. Mungkin emang udah ujian buat smartphone ane bang 😂😂

    BalasHapus
  8. Wah kebetulan sekali saya lagi cari" nih buat hp saya yang selalu mau penuh memori nya, thanks gan

    BalasHapus
  9. Pernah alami kejdian ini gan. Tapi bisa sih setelah cari-cari solusinya. Atrtikel bagus gan, mengingatkan ku hihihi (Budi)

    BalasHapus
  10. Setuju bgt cara yang di atas saya jg suka melakukan kaya yg di tulis agan, Tp sih kalau kata saya hp yg ckup baik yg 1.5 Giga kalau di bawah itu kadang bersihin jg tetep heng.hehe

    BalasHapus