11 Cara ampuh mengurangi stress pada diri kita


Seringkah Anda stress? Tentunya bagi para remaja tugas sekolah yang menumpuk pastinya akan membuat pikiran kita menjadi kacau. Sehingga seringkali kita mengalami stress yang berlebih dan juga jika tugas tersebut tidak terselesaikan maka akan mengurangi prestasi kita di sekolah.

Bukan hanya anak remaja yang sering dibuat stres dengan tugas sekolahnya. Orang dewasa seperti pegawai atau karyawan di tempat kerjanya atau pada sebuah perusahaan sudah pasti sering mengalami stress. Dimana karyawan harus kerja dengan skill yang tinggi dan menyelesaikannya dengan baik.

Maka dari itu, dailydwenz akan membagikan 11 Cara ampuh mengatasi stress pada diri kita yang sering dailydwenz lakukan. Oke langsung saja, berikut adalah cara tersebut...

1. Mendengarkan Musik kesukaan.
Jika Anda mengalami banyak pikiran dan membuat Anda stress akan pikiran tersebut. Maka dengan mendengarkan musik kesukaan adalah cara efektif untuk mengurangi stress Anda. Musik akan menenangkan pikiran Anda dan melupakan sesaat pikiran-pikiran yang membuat Anda stress.

…biasanya untuk remaja dengan memdengarkan lagu tentang percintaan, akan sangat cepat me refresh kan pikirannya. Karena pada dasarnya masa remaja adalah masa-masanya mengenal cinta.

2. Bermain Game.
Dengan bermain game juga akan sangat mengurangi stress kita loh Sob. Karena ketika bermain game kita akan fokus terhadap game tersebut, sehingga dengan bermain game akan melupakan semua pikiran-pikiran diotak dan juga nantinya stress Anda akan berkurang.

Maka tidak ada salahnya ketika kita banyak pikiran dan meluangkan waktu 15-20 menit untuk bermain game.

3. Berjalan-jalan
Cara yang berikutnya juga sangat efektif mengurangi stress. Berjalan-jalanlah dan melihat-lihat lingkungan sekitar supaya otak Anda sedikit fresh. Hal ini juga akan melupakan sesaat semua pikiran diotak.

Saya sarankan untuk berjalan-jalan di tempat yang tenang dan teduh. Supaya Anda merasakan sensasi ketenangan. Jangan pergi ke tempat yang gaduh dan panas. Ini akan membuat tambah prustasi.

4. Meminta bantuan teman.
Ketika Anda sudah sangat stress akan pekerjaan Anda yang tidak selesai-selesai, maka mintalah bantuan kepada orang terdekat seperti teman untuk membantu mencari solusi. Jangan pendam sendiri masalah Anda dan jangan mencari solusi sendiri. Ini akan lebih membuat Anda prustasi dan kesal. Sehingga stress akan terus meningkat.

5. Makan dan minum terlebih dahulu.
Dengan banyak berpikir pastinya membutuhkan banyak nutrisi. Karena itu dengan makan dan minum sesaat juga akan mengurangi stress Anda. Nikmati terlebih dahulu makanan yang Anda makan. Sehingga Akan membuat Anda sedikit rilex dan membuat stress Anda berkurang juga.

6. Lakukan hobi sederhana yang Anda sukai.
Hobi adalah suatu kegiatan yang kita sukai dan akan membuat kita senang atau ceria. Nah, saya sarankan Anda, ketika stress lakukanlah hobi yang Anda sukai. Misal seperti ngeblog seperti saya ini. Dengan ngeblog saya sering melupakan hal-hal yang membuat saya stress, karena hobi tersebut itulah yang membuat saya menjadi senang. Atau jika Anda suka menggambar, maka menggambarlah... Anda pasti akan melupakan hal-hal yang membuat Anda prustasi.

7. Menonton kartun.
Ini nih yang saya sukai. Dengan menonton kartun, akan membuat pikiran kita menjadi fresh kembali. Apalagi seperti kartun spongebob atau tom & jerry. Kartun-kartun lucu seperti itulah yang akan mengubah mood kita menjadi bagus.

Anda bisa bebas milih film yang Anda sukai walaupun bukan kartun, intinya yang membuat Anda senang.

8. Tidur sebentar.
Cara yang selanjutnya yaitu tidur sejenak selama ½-1 jam. Karena dengan tidur akan merilexasikan pikiran Anda sehingga stress Anda akan berkurang. So, tidurlah dan jangan terlalu memikirkan apa yang Anda pikirkan.

9. Mandi.
Selanjutnya mandi. Kenapa mandi? Karena mandi akan memasukan oksigen ke tubuh kita supaya tubuh kita akan menjadi segar. Dengan tubuh yang segar akan mengurangi stress di pikiran Anda juga. Karena dengan terlalu banyak stress akan membuat tubuh kita sedikit panas. Sehingga mandilah untuk solusi efektifnya.

10. Minum kopi.
Cara yang lainnya juga yaitu meminum kopi. Dengan meminum kopi akan membuat kita rileks. Tidak heran orang dewasa selalu meminum kopi ketika mereka mempunyai suatu masalah. Karena supaya mereka tetap tenang menghadapinya. Jadi sebari Anda menyelesaikan tugas Anda, maka sertai juga dengan meminum kopi supaya Anda tetap tenang dan tidak prustasi.

11. Berbicara dengan Anda sendiri.
Cara yang terakhir yaitu, katakanlah kepada diri Anda sendiri kenapa Anda menjadi stres. Apa yang harus Anda lakukan dan berpikirlah tenang bahwa Anda akan menyelesaikan tugas Anda dengan baik. Janganlah sampai stres Anda menjadi tidak terkendali, seperti melempar barang terdekat. Itu akan membuat keadaan menjadi lebih parah dan bertambah. So, berpikirlah tenang.

Stress terkadang selalu menghampiri dimana ketika kita menghadapi sesuatu yang tidak kita sukai. Sehingga kita perlu menghadapinya dengan tenang dan percaya diri bahwa kita bisa menghadapinya.

Mungkin demikianlah 11 Cara ampuh mengurangi stress pada diri kita yang bisa saya sampaikan pada artikel ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dishare ya teman-teman...

2 Responses to "11 Cara ampuh mengurangi stress pada diri kita"